Selasa, April 21, 2009

HARI INI RAKER DINAS PERTANIAN TPH DIBUKA BUPATI KAPUAS

KUALA KAPUAS - Hari ini, Rapat Kerja (Raker) Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kapuas di buka, bertempat di aula rapat Kantor Pemkab Kapuas. Raker tersebut, merupakan pertama kali dilaksanakan dengan melibatkan seluruh petugas lapangan, seperti Penyuluh Pertanian, Mantri Tani, Koordinator BPP, Kepala Balai Benih serta pihak pengendali tugas sebagai peserta.

Raker tersebut juga diharapkan kedepan menjadi agenda tahunan Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kapuas. Adapun maksudnya, guna menyusun kerangka acuan rumusan dan penetapan langkah-langkah strategis, arahan kebijaksanaan terhadap program kerja 2009 sekaligus mengevaluasi capaian kinerja pembangunan pertanian 2008.

Adapun tujuan umumnya, diharapkan menjadi bahan masukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan pembangunan pertanian. Sedangkan tujuan khususnya, dipahaminya strategis dan kebijakan pembangunan pertanian yang relevan, aplikatif representative, dan komprehensif oleh pemangku jabatan, pengambil keputusan dan penentu kebijakan maupun stakeholders.

Tersedianya data statistik pertanian dan data basis yang shahih atau valid sesuai dengan realitas, kondisi faktual, up to date (terkini-red) tentang potensi, produksi, sumberdaya maupun teknologi eksisting pertanian. Tersedianya hasil analisa data capaian kinerja pembangunan pertanian 2008, sebagai bahan dan indikator (parameter) untuk menyusun perencanaan pembangunan pertanian ke depan.

Tersedianya hasil rumusan dan penetapan sasaran pembangunan pertanian (2009-2013) Dinamis dan sinergisnya kinerja penyuluh pertanian sebagai mitra petani, pemerintah dalam melaksanakan fungsi, tugas dan tanggungjawab.

Berfungsinya kelembagaan pertanian sebagai wadah urun rembug dan penggalian informasi pertanian. Terlaksananya kegiatan SL-PTT Padi melalui penguatan modal, POKTAN, dan stimulan agroinput, serta tersedianya data basis dan peta perwilayahan komoditas pertanian, peta desa mekanisasi dan ALSINTAN, peta pengembangan lahan.

Rapat Kerja Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kapuas tersebut, rencananya akan digelar dari tanggal 21 hingga 25 April 2009, yang tentunya akan di buka langsung oleh Bupati H M Mawardi.