Selasa, Maret 16, 2010

Kontes Tanaman Hias dan Merangkai Buah dan Sayur, Meriah


KUALA KAPUAS - Lomba Merangkai Buah dan Sayuran serta Kontes Tanaman Hias, yang diprakarsai Dinas Pertanian TPH Kapuas dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan, Organisasi Wanita serta Dharma Wanita Persatuan se Kabupaten Kapuas, Pencinta Tanaman Hias Kabupaten Kapuas.  Untuk Lomba Merangkai Buah dan Sayuran dimenangkan oleh  Dharma Wanita Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk Kelompok Dharma Wanita Pertsatuan, sedangkan Kelompok Satuan Gerak PKK Kecamatan dan Organisasi Wanita dimenangkan oleh PKK Adhyaksa Dharma Karini  Kapuas.  Kegiatan ini merupakan rangkaian  dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 204 dan HUT Pemkab Kapuas ke 59 yang dilaksanakan di halaman Kantor PWI Perwakilan Kapuas, Senin (15/3) pagi. 

Pemenang dalam Lomba Merangkai buah dan sayuran, untuk kelompok Dharma Wanita Persatuan, sebagai juara I  Dha
rma Wanita Disdukcapil meraih angka 181. juara kedua Dharma Wanita Persatuan Dinas Pekerjaan Umum Kapuas dengan nilai 172. Juara ketiga diraih oleh Dharma Wanita Persatuan Departemen Agama Kapuas dengan nilai 171. Sedangkan Kelompok TP PKK Kecamatan dan Organisasi Wanita Kabupaten Kapuas sebagai Juara I tim PKK Adhyaksa Dharma Karini mendapatkan nilai 209, juara dua tim PKK Kelurahan Selat Dalam A dengan nilai 208. Dan juara ketiga diraih oleh tim PKK Kecamatan Kapuas Hilir A dengan memperoleh nilai 198. 

Ketua TP-PKK Kapuas, Hj Aliyah Mawardi berharap, kegiaatan kontes tanaman hias dan lomba merangkai buah dan sayur kiranya terus terjadi peningkatan, baik dari segi minat peserta lomba maupun kreatifitas penataan buah dan sayuran serta corak tanaman yang dilombakan. 

“Saya harapkan kegiatan ini semangkin meningkat. Dan Dalam setiap lomba pasti ada menang dan kalah, tapi yang terpenting adalah bagaimana meningkatnya jumlah pengemar tanaman hias di daerah ini dan lebih kreatif dalam penataan buah dan sayur,” harap Aliyah Mawardi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian TPH Kapuas, Ir Afiadin Husni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini ditujukan dalam upaya meningkatkan minat masyarakat
dan kecintaannya pada tanaman hias, sehingga nantinya tanaman hias dapat berkembang dan menjadi usaha baru bagi masyarakat.  Dijelaskan juga, dengan makin tingginya minat dan mengetahui akan nilai terhadap tanaman hias, nantinya akan berdampak terbuka usaha lain seperti pembuatan pot, pembuatan media tanaman hias sepeti sekam bakar, serabut kelapa dll. 
Selain itu juga tujuan dari lomba merangkai bunga dan sayur adalah agar masyarakat dan ibu-ibu mengenal buah dan sayur serta manfaatnya.  Misalnya dari warna sayur hijau tua yang mengandung karoten, sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama  membantu memperlambat penuaan dan mencegah resiko kanker.  Dan Buah-buah yang juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti untuk mencegah katarak, serangan jantung dan stroke adalah buah yang memiliki warna kuning, sedang warna merah bermanfaat untuk mencegah kanker.
Sehingga harapan lomba adalah melain merangkai juga sekaligus pengenalan manfaat dan mendorong akan makan buah dan sayur.
Adapun tim juri berasal dari TP PKK Propinsi Kalteng, jurusan tata boga SMK Negeri II Palangkaraya, HKTI Provinsi Kalteng, dan Dinas Pertanian Provinsi Kalteng. Dengan Juri kita datangkan dari Propinsi Kalimantan Tengah, selain pengalaman yang dimilik, juga sebagai wahana pembinaan serta netralitas lomba.  “Kegiatan ini akan terus kita jadikan sebagai agenda kegiatan di daerah ini,” kata Afiadin Husni.

Jenis tanaman yang dilombakan adalah Aglonema dengan beberapa katagori, Euphorbia, Kaladium  dan jenis anggrek berbunga. “Peserta lomba adalah dari kalangan masyarakat pencinta tanaman hias di Kabupaten Kapuas yang jumlahnya sebanyak 157 pot.  Adapun Juara pertama kategori tanaman euphoria diraih oleh kusmiati, juara dua Tati, juara tiga Kusmiati. Kategori anggrek juara pertama diraih oleh Yun Triatmika, juara dua Kusmiati, juara tiga Kade. 

Kategori tanaman kaladium juara I diraih Irene, juara II Ivana, juara III Nadya. Kategori Sri Rejeki juara I diraih Irene, juara II Ahmad, juara III Ivana. Kategori Agloenema Merah Majemuk juara I diraih Junaidi, juara II diraih Adil, juara III diraih Amad. Sedangkan kategori tanaman hias Agloenema hijau majemuk juara I diraih Junaidi, juara II diraih Irene dan juara III diraih Junaidi.