Sabtu, Agustus 15, 2009

MENTERI PERTANIAN RI LANTIK PEJABAT ESS II

Jakarta, 07/08/2009. Menteri Pertanian Anton Apriyantono pada hari Selasa, tanggal 4 Agustus 2009 melantik 11 (sebelas) Pejabat Eselon II lingkup Departemen Pertanian, yaitu pada Direktorat Jenderal Peternakan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan Badan Pengembangan SDM Pertanian. Acara pelantikan berlangsung di Ruang Pola Gedung A, Kantor Pusat Departemen Pertanian.


Dalam kata sambutannya Menteri Pertanian antara lain mengatakan bahwa pelantikan pejabat Eselon II ini merupakan kegiatan rutin yang dimaksudkan untuk mengisi Jabatan yang kosong, karena pejabat sebelumnya telah memasuki purna tugas, mutasi atau pergeseran jabatan, maupun promosi pejabat yang ada di lingkungan Departemen Pertanian. Mentan juga menekankan kembali, bahwa Sektor Pertanian masih mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangunan perekonomian nasional maupun regional, mengingat sektor pertanian merupakan penyedia bahan pangan, merupakan instrument untuk mengentaskan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, diandalkan sebagai penghasil devisa negara maupun sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat luas.


Dalam kaitannya dengan pemberitaan di media massa tentang kemungkinan terjadinya “El-nino” pada tahun ini, Mentan mengatakan bahwa kita harus mampu menciptakan berbagai upaya dan rekayasa teknologi yang dapat menekan dampak yang mungkin terjadi terhadap masyarakat khususnya petani, sehingga nilai luhur cita-cita anak bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dapat tercapai.


Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 2970/Kpts/Kp.330/8/2009, tanggal 4 Agustus 2009, tentang Pengangkatan dalam Jabatan Struktural Eselon II-a dan II-b Departemen Pertanian, para pejabat yang dilantik adalah sebagai berikut :

ESELON II – a

  1. Drh. Agus Wiyono, PhD dilantik untuk menduduki jabatan sebagai Pj. Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan.
  2. Dr. Kusharyono, SE,MM dilantik untuk menduduki jabatan sebagai Pj. Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor, Badan Pengembangan SDM Pertanian.
  3. Dr. Drh. Darminto dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Litbang Pertanian.
  4. Ir. Amier Hartono, Dipl,HE dilantik untuk menduduki jabatan Pj.Direktur Pengelolaan Lahan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air.

ESELON II-b

  1. Dr. Drh. Hardiman,MM dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner, Badan Litbang Pertanian.
  2. Dr. Ir. Karden Mulya,M.Sc dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bio Teknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian, Badan Litbang Pertanian.
  3. Drh. Soegiarto, M.Sc, PhD. dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Veteriner Maros, Direktorat Jenderal Peternakan.
  4. Drh. Enuh Rahardjo Yusa,PhD. dilantik untuk menduduki jabatan Kapala Balai Besar Veteriner Denpasar, Direktorat Jenderal Peternakan.
  5. Drh. Pujiatmoko, PhD. dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan.
  6. Ir. Abubakar,SE,MM dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Ternak Unggul Sapi Perah Baturaden, Direktorat Jenderal Peternakan.
  7. Ir. Edy Ashariyono dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Badan Pengembangan SDM Pertanian.

(Sumber: Biro Hukmas - Sekjen Deptan RI)