Selasa, Juli 07, 2009

KEMAH BHAKTI PENYULUH DAN SAKA TARUNA BUMI AKAN DIGELAR


"Mereka memberikan bimbingan dan pendampingan, hingga harus terjun langsung di tengah sawah dan ladang bersama petani, hanya satu keinginan agar petani mau dan mampu menerapkan panca usaha tani. Dan satu kebanggaan yang mereka harapkan selain keberhasilan & kesuksesan petani”

Kuala Kapuas. Dinas Pertanian TPH Kapuas, Perhiptani Kapuas, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas dan Saka Taruna Bumi Kapuas bekerjasama untuk menggelar Perkemahan Bhakti Penyuluh dan Saka Taruna Bumi pada tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2009, bertempat Handil Marhanang - Desa Anjir Serapat Tengah Kapuas Timur.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah dan peran penyuluh sebagai ujung tombak dalam keberhasilan pembangunan pertanian secara khusus upaya pencapaian target produksi padi tahun 2013 sebesar 500.000 ton dan Sukses Gerakan Bersama Memanfaatkan Lahan Tidur (Geber MLT) di kanan kiri jalan poros wilayah Kabupaten Kapuas.

Selain lain juga dalam kemah bhakti ini akan tercipta rasa kebersamaan, dapat saling tukar pengalaman dan informasi serta mendorong kreatifitas, partisifasi baik dalam tugas serta berperan dalam kepramukaan. Pada kemah bhakti juga akan diikuti oleh Gudep Pramuka se Kabupaten Kapuas dan Kesakaan yang dalam kegiatannya diarahkan untuk membentuk jiwa kreatif, inovatif dan produktif dengan menitikberatkan pada ketrampilan, kepemimpinan, kedisiplinan serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan, selain juga mendorong pengabdian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan serta cinta pertanian.


Kegiatan akan diikuti oleh Penyuluh Petanian Lapangan se Kabupaten Kapuas, Gugus Depan Gerakan Pramuka se Kabupaten Kapuas, Satuan Karya, yang diperkirakan berjumlah 500 orang. Kami juga akan mencoba mengundang Pengurus Perhiptani atau Penyuluh dan Saka Taruna Bumi Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, ucap Kadis Pertanian TPH Ir. Afiadin Husni.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi Lokakarya, Temu Perhiptani, Outbound, Bakti Sosial dan penghijauan, Lomba Penyuluhan, Penjelajahan, Pelatihan pembuatan kompos , pengenalan kesakaan, Gerakan Cinta pertanian, Ketangkasan serta lomba kepramukaan.

Pada kesempatan yang sama juga akan dilaksanakan kegiatan Pencanangan Geber MLT (Gerakan Bersama Memanfaatkan Lahan Tidur) kanan kiri jalan poros, dengan melibatkan seluruh masyarakat dan ormas di Kecamatan Kapuas Timur serta didukung oleh HKTI Kapuas dan KNPI Kapuas.