Kamis, Agustus 13, 2009

BUPATI KAPUAS BERPESAN JANGAN CEPAT PUAS ATAS KEBERHASILAN SENDIRI


KUALA KAPUAS - Keberangkatan Gapoktan Berprestasi, Penyuluh Teladan dan Lingkungan Kelurahan Terbaik ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan suatu kebanggaan bahwa Kabupaten Kapuas mampu mewakili Kalteng mendapatkan penghargaan tersebut.

Namun kata Bupati Kapuas H M Mawardi, kebanggaan itu bukan suatu hal yang klimaks, akan tetapi mesti bisa melihat bahwa hasil tersebut masih jauh dari daerah-daerah lainnya diluar Kalteng.

“Kita masih besar peluang untuk berbuat yang lebih baik. Untuk itu keberangkatan ini jangan hanya untuk berangkat menerima piagam penghargaan saja semata, tetapi cobalah mencari inovasi baru, dengan cara berdiskusi dengan kelompok tani dan penyuluh dari daerah lain yang bisa kita terapkan untuk daerah kita,” ujar H M Mawardi saat melepas keberangkatan Gapoktan Berprestasi, Penyuluh Teladan dan Lingkungan Kelurahan Terbaik, di aula rapat Kantor Bupati, Rabu (12/8).

Jadi nanti, katanya, jangan hanya datang untuk menerima penghargaan saja, tetapi sekaligus ajang untuk berkomunikasi dan bersahabat yang tentunya diharapkan ada kontek dari peserta penerima penghargaan lainnya yang nanti akan mendukung bukan saja hanya bagi kelompok tani itu sendiri, tetapi secara khusus untuk Kabupaten Kapuas .

Prestasi yang telah dicapai, terang bupati, hendaknya terus dikembangkan, dan tunjukan bahwa penghargaan yang didapatkan harus menjadi contoh. “Dengan menjadi contoh, sehingga gapoktan-gapoktan lainnya mampu mengembangkan seperti apa yang dikembangkan gapoktan yang berhasil,” kata bupati.

Kepada penyuluh, orang nomor satu di Kapuas ini juga mengharapkan agar mencari inovasi-inovasi tekhnologi pertanian dan inovasi pemikiran untuk membangun daerah disektor pertanian. “Jadi jangan hanya melihat dari keberhasilan kita sendiri saja, akan tetapi bandingkanlah dengan daerah lain, dimana kelemahan-kelemahan kita, bagaimana tekhnis penyuluhan yang mereka lakukan disana, dan bagaimana nantinya yang berbobot kita jadikan produk unggulan di daerah kita,” harap bupati.

Sedangkan untuk juara lomba kelurahan, bupati menyarankan kepada Lurah Selat Dalam, Komari, agar selama berada di Jakarta nantinya kiranya dapat melihat program-program apa saja yang nantinya bisa diterapkan di daerah ini, seperti halnya berdiskusi atau shering dengan para lurah dan para camat dari daerah lainnya.

Sementara itu, pelapasan keberangkatan penerima penghargaan dari Presiden SBY tersebut siang itu, juga dihadiri Kadis Pertanian TPH Kapuas, Ir Afiadin Husni, Camat Selat, Drs Ferry Noah MSi, Kadis PMD Kapuas, Drs Edy Lukman Hakim, dan para penerima penghargaan seperti, Lurah Selat Dalam, Komari, Ketua Gapoktan Membangun - Desa Bakungin Kapuas Hilir, H Nasrun, dan Penyuluh Pertanian Teladan Tingkat Nasional, H Widadi dari Kecamatan Pulau Petak