Senin, Maret 15, 2010

Pola Yarnen sebagai solusi membantu petani dalam permodalan.

KUALA KAPUAS - Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terus memberikan dorongan kepada para petani guna meningkatkan pendapatannya. Salah satunya melalui program memanfaatkan lahan tidur untuk tanaman produktif. 

“Kita terus memberikan dorongan bagaimana caranya memanfaatkan potensi alam yaitu tanah kita yang subur dan luas ini. Karena itu, dengan program pemanfaatan lahah tidur dengan tanaman produktif, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para petani,” kata Bupati Kapuas H M Mawardi saat melakukan safari Jum’at (12/3/2010) di Masjid Al Huda Palingkau Asri SP2 Kecamatan Kapuas Murung.

Kepada kelompok tani, Bupati juga menyarankan agar menyampaikan usulan bantuan pinjaman permodalan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk penyediaan pupuk, bibit dan pengolahan tanah. “ Permodalannya berasal dari kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan Bank Pembangunan Kalteng.  Ini berupa pinjaman dengan cara bayar panen, yaitu setiap pinjaman 1 sak pupuk urea (50 kg) maka pada saat panen petani membayar dengan 2,5 blek gabah, juga untuk olah tanah traktor, yang nantinya melalui UPJA yang ada di wilayahnya dihargai denga 30 blek gabah per hektar ” katanya. 

Dengan demikian, lanjut Mawardi, dimengharapkan dapat menggarap lahan-lahan tidur yang masih belum digunakan, supaya dapat menghasilkan padi. Apalagi saat sekarang harga padi/beras mengalami kenaikan mencapai Rp.1.000. ini suatu hal yang sangat mengguntungkan bagi petani, khusus yang ada di Kabupaten Kapuas.

“Kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT bahwa daerah kita ini tiga kali berturut-turut produksi padinya meningkat dari 250.000 ton sekarang menjadi 300.000 ton,” katanya.

Menyinggung tentang kemajuan pembangunan infrastruktur jalan dari Kuala Kapuas hingga Dadahup yang di bangun Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas. Bupati mengatakan, bahwa jalan tersebut saat sekarang sudah dapat dirasakan dan dinikmati masyarakat, ini suatu bukti kemajuan pembangunan di Kalteng.

“Tujuan Pemerintah, kata Mawardi, tidak ada lain yaitu bagaimana daerahnya maju, bagaimana ekonominya maju supaya rakyatnya sejahtera dan bermartabat,” ungkap Mawardi.

Dalam kesempatan itu, Bupati HM Mawardi juga menyerahkan bantuan uang dari Wakil Gubernur Kalteng Ir H Achmad Diran sebesar Rp 5 juta dan dari Pemkab Kapuas sebesar Rp 7 juta untuk perbaikan Masjid Al Huda Palingkau Asri SP2, yang diterima pengurus Masjid Rumiyadi S Pd.

Pada Safari Jum’at tersebut, juga dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan penceramah KH Muchtar Ruslan. Dihadiri Habib Ali, Habib Zien dan para ulama Kuala kapuas serta sejumlah kaum jemaah Masjid Al Huda Palingkau Asri SP2.