Kamis, Maret 04, 2010

Gabah dibeli diatas harga HPP


Kuala Kapuas.  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas Ir. Afiadin Husni, Kamis (04/03/2010) mentup Rapat Kerja Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 2 – 4 Maret 2010 bertempat di Aula Bappeda Kapuas. Dalam sambutannya disampaikan agar Mantri Tani, Koordinator PPL dan PPL dilapangan lebih meningkatkan kinerja dilapangan dan berperan lebih aktif lagi  .  Terutama dalam setiap tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh petani atau kelompoktani di lapangan. Agar dilakukan pembinaan lebih intensif dan dimonitor permasalahan yang mungkin dihadapinya (red petani). Dicontohkan pada saat ini, menghadapi panen agar dimonitor apakah ada masalah saat panen dan pascapanen seperti alat panen dan perontok.  Dan bagaimana pemasaran hasilnya ? Bagaimana harga dibanding daerah lain ?  

Disampaikan bahwa, Dinas Pertanian TPH bekerjasama dengan Penggilingan Padi Talawang didukung beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUB), bertekad membantu masalah pemasaran dengan harga yang yang cukup tinggi yaitu Rp. 33 rb/kaleng GKP atau Rp. 2.750,-/kg (1 kaleng/ blek berkisar 12 kg) dan masih diatas HPP Rp. 2.640/kg.   Harga ini akan terus dipertahankan hingga puncak panen, sehingga petani akan mendapatkan nilai tukar yang menjanjikan.  Selanjutnya kedepan mereka(red petani) lebih bergairah untuk meningkatkan produksi  dan produktifitas serta meningkatkan penggunaan benih unggul bermutu.

Diingatkan kembali, bahwa target produksi padi tahun 2010 adalah 350.000 ton. Untuk mencapai ini tentu diperlukan kerja keras bersama Kabupaten hingga tingkat lapang (red WKPPL).  Pemerintah Daerah dalam ini tentu akan kosisten dan comit terhadap apresiasi yang dilakukan PPL  dan Kelompok Tani dilapangan.  Tahun 2010 ini untuk reward keberhasilan PPL dan Kelompok tani disediakan 50 unit Hand traktor dan 10 laptop.  Baik untuk peningkatan produktifitas yaitu diatas 4,5 ton/ha dan Pelaksana Geber MLT mendapat hadiah 1 hand traktor, dan PPL berhasil membina akan diberikan laptop.